Madihin

Oleh Empuesa

Madihin [1] adalah salah satu seni bertutur syair atau pantun yang dilantunkan oleh satu sampai empat orang sambil diiringi alat musik tabuh rebana atau terbang. Syair dan pantun tersebut dilantunkan dalam bahasa Banjar dengan gaya humor. 

Asal-usul

Orang Banjar di Kalimantan Selatan adalah salah satu suku terbesar di Indonesia yang memiliki kebudayaan unik dan khas. Kebudayaan tersebut menjadi identitas yang melekat pada diri orang Banjar, meskipun beberapa diantaranya saat ini sudah sulit ditemui, seperti yang menimpa kesenian Madihin.

Madihin adalah salah satu kesenian tradisional bertutur orang Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Madihin merupakan seni bertutur berupa syair-syair dan pantun nasehat tentang kehidupan yang dilantunkan oleh satu hingga empat orang menggunakan bahasa Banjar sambil diringi oleh alat musik tabuh rebana atau terbang (Syamsiar Seman, 2002; Suriansyah Ideham dkk, 2005). Sementara itu, menurut Tajuddin Noor Ganie (2006) Madihin [2] adalah puisi rakyat anonim bertipe hiburan yang dilisankan atau dituliskan dalam bahasa Banjar dengan bentuk fisik dan bentuk mental tertentu sesuai dengan konvensi yang berlaku secara khusus dalam khasanah folklor Banjar di Kalsel.

Tentang asal mula kesenian Madihin, terdapat empat pandangan yang berbeda, yaitu:
  • Madihin merupakan kesenian asli Indonesia. Hal ini berdasarkan pada kata “madah”, yakni sejenis puisi lama dalam sastra Indonesia.
  • Madihin merupakan kesenian Islam yang masuk ke Kalimantan Selatan. Hal ini didasarkan pada syair dan puisi Madihin yang pada awalnya ditulis dengan huruf Arab, namun lambat laun diubah menjadi bahasa Banjar.
  • Madihin berasal dari Banjar asli, yaitu papadahan atau mamadahi yang berarti memberi nasihat. Hal ini didasarkan pada isi dari syair dan puisi Madihin yang penuh dengan nasihat. Di Kalimantan Selatan, Madihin berkembang dari kampung Tawia, Angkinang, Hulu Sungai Selatan kemudian tersebar ke seluruh Kalimantan Selatan bahkan Kalimantan Timur. Pada zaman dahulu, Madihin berfungsi untuk menghibur raja atau pejabat istana. Namun, seiring runtuhnya kerajaan di Kalimantan Selatan, Madihin berubah menjadi hiburan rakyat usai panen, memeriahkan persandingan penganten, dan memeriahkan hari besar agama dan negara lainnya
  • Madihin berasal dari Malaka sebab Madihin dipengaruhi oleh syair dan gendang tradisional dari semenanjung Malaka yang sering dipakai untuk mengiringi irama tradisional Melayu asli (Seman, 2002; Ideham, 2005; http://esais.blogspot.com/2007/11/sakilaran-tentang-madihin.html). 
Pemain (Pamadihin), Busana dan Musik Pengiring 

Madihin biasanya dilantunkan oleh satu hingga empat orang yang disebut dengan Pamadihin. Profesi Pamadihin umumnya diperoleh dari keturunan bukan belajar. Pada zaman dahulu, tokoh Pamadihin dikenal sebagai orang yang memiliki kekuatan supranatural yang disebut dengan pulung. Pulung ini konon dianugrahkan oleh makhluk gaib yang disebut dengan Datuk Madihin. Pulung dapat hilang dari pemiliknya karena itu harus terus diperbaharui setahun sekali setiap bulan Rabiul Awal atau Zulhijah, melalui ritual adat Aruh Madihin. Konon pula karena sulitnya mendapat pulung ini menyebabkan kesenian Madihin ini sedikit peminat dan nyaris punah.
Terlepas dari syarat spiritual di atas, secara profesional seseorang dapat menjadi Pamadihin jika memiliki enam syarat berikut ini:
  • Terampil dalam hal mengolah kata sesuai dengan tuntutan struktur bentuk fisik Madihin yang sudah dibakukan.
  • Terampil dalam hal mengolah tema Madihin yang dituturkannya.
  • Terampil dalam hal olah vokal ketika menuturkan Madihin secara hapalan (tanpa teks) di depan publik.
  • Terampil dalam hal mengolah lagu ketika menuturkan Madihin.
  • Terampil dalam hal menabuh gendang Madihin, dan
  • Terampil dalam hal mengatur keserasian penampilan.
Pada saat pentas Pamadihin biasanya akan memakai baju tradisional Banjar, yaitu taluk balanga dan memakai kopiah serta sarung. Namun, saat ini Pamadihin dapat berpakaian bebas dan sopan, di mana itu disesuaikan dengan acaranya.
Madihin dalam pementasannya hanya diiringi oleh alat musiktabuh rebana atau terbang. Alat musik ini diletakkan di atas pangkuan Pamadihin dan dibunyikan dengan cara ditabuh seperti halnya gendang. Rebana atau terbang biasanya dibuat dari batang pohon jinggah atau nangka yang dilubangi dengan diameter lebih kurang 30 cm. Lubang selanjutnya ditutup dengan kulit kambing dan diikat dengan rotan. Rebana atau terbang akan dipukul dengan nada yang monoton, kecuali saat awal dan akhir Madihin.

Waktu dan Tempat Pementasan 

Madihin umumnya dipentaskan pada malam hari dan membutuhkan waktu lebih kurang dua hingga tiga jam. Madihin biasa digelar dalam rangka memperingati hari-hari besar kenegaraan, kedaerahan, keagamaan, kampanye partai politik, khitanan, menghibur tamu agung, menyambut kelahiran anak, pasar malam, penyuluhan, perkawinan, pesta adat, pesta panen, amal, upacara tolak bala, dan upacara adat membayar hajat (kaul, atau nazar).

Adapun tempat pergelaran Madihin tergantung pada siapa yang mengundang. Namun, Madihin biasanya digelar di halaman rumah, gedung pertunjukan, atau lapangan desa. Di tempat-tempat ini, biasanya dibuatkan panggung pertunjukan di mana Pamadihin akan bermain dengan duduk di atas kursi sementara rebana atau terbang diletakkan di atas pangkuan pangkuan Pamadihin.

Proses Pementasan

Proses pementasan Madihin terdiri dari tiga tahap, yaitu pembukaan, pembacaan syair atau pantun penghormatan kepada penonton (batabi), pembacaan syair atau pantun yang sesuai dengan tema pementasan (Mamacah bunga), dan penutup.

Pembukaan

Yaitu melantunkan sampiran berupa sebuah syair atau pantun yang diawali dengan tabuhan rebana atau terbang yang disebut tabuhan pembuka. Pembukaan ini merupakan informasi tema yang akan dibawakan. Contoh syair atau pantun yang dilantunkan adalah sebagai berikut:
Aaaaaawaaaan…
Ulun bamula bahandak bamadihinian
Madihin taradisional Banjar nang tamasuk kasanian
Bagandang lawan tarbang nang halus, lumbahnya saganal tangah dua kilan
Diulah matan kulit kambing nang dikaringakan
Bingkainya matan batang nangka nang ditarah, diulah bundaran
Imbah nitu dililit lawan paikat babalah nang dihalusakan
Dicatuk, digandangakan lawan jari sambil basasairan.
Batabi
Yaitu melantunkan syair atau pantun yang berisi penghormatan pada penonton, pengantar, ucapan terima kasih, dan permohonan maaf dan ampun jika terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam pergelaran. Contohnya adalah sebagai berikut:
Maaf ampun hadirin barataan
Baik nang di kiri atawa di kanan
Baik di balakang atawa di hadapan
Baik laki–laki atawa parampuan
Baik urang tuha atawa kakanakan
Baik nang badiri atawa nang dudukab
Ulun madihin sahibar bacucubaan
Tarima kasih ulun sampaikan
Kapada panitia mambari kasampatan
Kalu tasalah harap dimaafakan
Tapi kalu rami baampik barataan
Mamacah bunga

Yaitu melantunkan syair atau pantun sesuai dengan isi tema yang dibawakan. Contohnya adalah sebagai berikut:
Baampik …. barataan
Babulik kaawal papantunan
Handak dipacaya makna sasampiran
Supaya panuntun nyaman mandangarakan
Riang riut punduk di hutan
Kaguguran kanapa buah timbatu
Irang irut muntung kuitan
Mamadahi kaina anak minantu
Minantu mayah ini lain banar bahari
Guring malandau lacit katangah hari
Kada bamasak sabigi nasi
Dipadahi mintuha kada maasi
Kalu malam tulak pamainan
Padahal pamainan dilarang tuhan
Urang macamitu bungul babanaran
Bisa–bisa mati karabahan jambatan
Penutup

Yaitu melantunkan syair dan pantun kesimpulan dari apa yang baru disampaikan, sambil menghormati penonton, dan mohon pamit. Contohnya adalah sebagai berikut :
Tarima kasih ulun sampaikan
Kadapa hadirin sabarataan
Mudahan sampian kalu ingat kaganangan
Kapada diri ulun pamadihinan
Ulun madihin sahibar mamadahakan
Handak manurut tasarah pian barataan
Sampai di sini dahulu sakian
Mohon pamit ulun handak batahan
Rama–rama batali banang
Kutalikan ka puhun kupang
Sama–sama kita mangganang
Mudahan kita batamuan pulang
Ilahi ….
Sadang bataha, sadang barhanti …
Nilai-nilai

Kesenian Madihin mengandung nilai-nilai tertentu bagi kehidupan orang Banjar, antara lain:
  • Pendidikan. Nilai ini tampak jelas dari nasehat yang terkandung dalam syair dan pantun yang dilantunkan. Biasanya adalah nasehat berupa bagaimana berbakti kepada orangtua, taat kepada aturan agama, hidup bersih, hidup bermasyarakat yang baik, dan sebagainya. Dalam konteks ini, Madihin mengandung nilai agama, sosial, dan budi pekerti.
  • Kebersamaan. Nilai ini tampak dari interaksi sosial para penonton yang menyaksikan pergelaran Madihin. Para penonton dapat tertawa bersama dan menikmati pagelaran bersama. Dalam kondisi ini, rasa kebersamaan sebagai masyarakat Banjar menjadi semakin erat, karena mereka direkatkan oleh kebudayaan rakyat. Apalagi misalnya tema yang disampaikan dalam Madihin berupa kerukunan hidup bermasyarakat, tentu hal ini akan menanmbah rasa kebersamaan penonton.
  • Pelestarian budaya. Pementasan Madihin merupakan bentuk nyata untuk melestarikan kebudayaan tradisional. Dengan pementasan ini, masyarakat akan tumbuh rasa memilikinya terhadap kesenian Madihin. Sungguh sangat disayangkan, saat ini Madihin sudah hampir punah, untuk itu penting untuk dipergelarkan lagi dan tentunya menuntut perhatian lebih dari semua pihak. Nilai ini juga tampak dari busana yang dipakai oleh Pamadihin, yaitu berupa pakaian adat Banjar dan bahasa yang digunakan berupa bahasa Banjar.
  • Sastra lokal. Nilai ini tampak dari syair dan pantun yang dilantunkan. Syair dan pantun dalah Madihin menggunakan bahasa Banjar dan tema-tema lokal. Tentu saja Madihin penting untuk terus diapresiasi agar sastra lokal tidak mati suri begitu juga dengan pelakunya.
Penutup

Madihin adalah kesenian tradisional orang Banjar yang sarat akan nilai-nilai pendidikan agama, sosial, dan budi pekerti. Dalam konteks untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negatif kebudayaan modern, Madihin dan Pamadihin perlu untuk dilestarikan. Oleh karena itu, tampaknya pemerintah dan masyarakat perlu bergandengan tangan memelihara kesenian tradisional ini.

(Artikel ini pernah dimuat di www.Melayuonline.com) 

Referensi
  • Suriansyah Ideham dkk, 2005. Urang Banjar dan kebudayaannya. Kalimantan Selatan: Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah.
  • Syamsiar Seman, 2002. Kesenian tradisional Banjar Lamut, Madihin, dan Pantun. Banjarmasin: Lembaga Pendidikan Banua.
  • Tajudin Noor Ganie, 2007. Jatidiri puisi rakyat etnis Banjar di Kalsel (Peribahasa Banjar, Pantun Banjar, Syair Banjar, Madihin, dan Mantra Banjar). Banjarmasin: Rumah Pustaka Folklor Banjar, Banjarmasin.
  • Arsyad Indradi, 2007. Sakilaran tentang Madihin [online]. Terdapat di http://esais.blogspot.com/2007/11/sakilaran-tentang-madihin.html. (Diakses tanggal 14 Juni 2010).
  • Anak Sutan, 2007. Madihin [online]. Terdapat di http://kerajaanbanjar.wordpress.com/2007/03/13/madihin/. (Diakses tanggal 14 Juni 2010).
  • Portal Banjarmasin, 2007. Madihin, Puisi rakyat Banjarmasin [online]. Terdapat di http://portalbanjarmasin.com/madihin-puisi-rakyat-banjarmasin/. (Diakses tanggal 14 Juni 2010).
Catatan kaki:
  • [1] Masyarakat umum sering menysamakan antara Madihin dan Lamut. Hal ini tidak salah semua dan tidak juga benar semua karena Madihin dan Lamut dapat dikatakan serupa tapi tak sama. Keduanya sama-sama seni bertutur dengan iringan alat musik tabuh rebana atau terbang. Perbedaannya, jika Madihin yang dituturkan berupa syair dan pantun sedangkam Lamut yang dituturkan berupa cerita rakyat (Pen).
  • [2] Masih menurut Ganie (2006), Madihin merupakan pengembangan lebih lanjut dari pantun berkait. Setiap barisnya dibentuk dengan jumlah kata minimal 4 buah. Jumlah baris dalam satu baitnya minimal 4 baris. Pola formulaik persajakannya merujuk kepada pola sajak akhir vertikal a/a/a/a, a/a/b/b atau a/b/a/b. Semua baris dalam setiap baitnya berstatus isi (tidak ada yang berstatus sampiran sebagaimana halnya dalam pantun Banjar) dan semua baitnya saling berkaitan secara tematis.

Komentar

Postingan Populer