Melawan itu Perlu

Melawan ketidakadilan itu perlu. bukan masalah kalah menang. tapi etos melawan itu yang harus terus dikobarkan.

Melawan tidak harus dengan senjata keras. tombak, senapan, tank, atau meriam. senjata melawan yang paling keren adalah akal kita. bagaimana kita menggunakannya?

Ketidakdilan tidak harus berurusan dengan ekonomi atau materi yang terlihat. pengetahuan ini juga sudah dikuasai dan dianggap hak milik rezim tertentu. mereka memaksakan pengetahuan mereka kepada orang lain. ini juga tidak adil. kita harus lawan itu dengan pengetahuan yang tanpa memaksakan.

Bangsa besar telah mencontohkan itu. indian, vietnam, maya, persia, dayak, papua, kaili, jepang, dan lain-lain, mereka melawan musuh-musuhnya. Memang mereka tak selalu menang. Tapi kekalahan telah mengajarkan kepada generasi penerus mereka apa arti menghargai diri. Bahwa melawan ketidakadilan itu penting.

Bangsa ini, Indonesia, adalah bangsa besar. Leluhur bangsa ini telah mengajarkan bagaimana cara melawan ketidakadilan. "lawanen, meski kowe kalah rapopo, le". kata mbah-mbahku dulu.

Di zaman modern ini, ketidakadilan muncul dalam banyak wajah. ekonomi, politik, hukum, budaya, juga bahasa. semuanya berujung pada pengetahuan yang dipaksakan. manusia diukur dari bagaimana menggunakan pengetahuannya. bagaimana dengan anda?

Akhirnya, mari menghormati sesama makhluk tuhan. apapun pengetahuan mereka.

Selokan mataram, 10.30







Komentar

Postingan Populer